Tingginya kebutuhan ban terjangkau untuk mobil penumpang mendorong Bridgestone meluncurkan Ecopia EP300. PT Bridgestone Tire Indonesia (BRIN) selaku produsen memposisikan seri EP300 sebagai suksesor Ecopia EP150 dengan berbagai inovasi baru.

"Ecopia EP300 memiliki long lasting performance, sehingga ini ada improve dari seri Ecopia EP150 sebelumnya. Dengan pemakaian sekian lama, handling lebih enak dan grip lebih bagus," sebut Ahmad Tri Sarifudin selaku Consumer Marketing 2 BRIN dalam pemaparannya. 

Dalam peluncuran ban Bridgestone EP300 ini, pihak BRIN juga mengajak para  media untuk membuktikan langsung kinerja ban tersebut di arena sirkuit Proving Ground Bridgestone, Karawang. Dalam uji coba tersebut, terdapat berbagai simulasi berkendara seperti lewat permukaan beton, aspal kasar, jalan zigzag, hingga bermanuver di aspal basah.


"Kita awalnya mendevelop ban ini di Thailand pakai ban 185/65 15 yang biasa digunakan Avanza, dan pakai  mobilnya juga Avanza itu. Namun ban ini tidak spesifik hanya untuk dari mobil tertentu karena kita sudah study mengunakan mobil terbaru," jelasnya.

Tri menyebut bila keunggulan Ecopia EP300 terdapat pada hambatan gulir yang rendah. Ini membuat ban bisa berputar lebih jauh bila dibandingkan ban sejenis dari merek lain. Minimnya hambatan gulir roda lantas membuat efisiensi bahan bakar bisa lebih baik.

"Ecopia EP300 dibuat dengan teknologi enliten, yang bisa mereduksi konsumsi BBM, memberi performa jangka panjang, hingga memberikan kinerja optimal dalam kondisi jalan basah atau kering. Dengan mengoptimalkan bagian crown shape, membuat bidang kontak ban ke aspal makin besar. Ini berkontribusi pada hambatan gulir yang rendah serta memberi grip yang lebih baik saat jalan basah," jelas Tri dalam presentasinya.

Bridgestone Ecopia EP300 Tingkatkan Kinerja Pengereman 


Tri menyebut bila Ecopia EP300 ini memberikan grip yang makin baik di aspal basah sekalipun. Hasilnya, jarak pengereman bisa lebih pendek dibandingkan Ecopia EP150 yang sebelumnya. 

"Ban ini bisa empat persen lebih rendah soal hambatan gulir dibandingkan EP150 sebelumnya. Soal kemampuan pengereman EP300  pun bisa lebih pendek 4,43 meter dibanding EP150 dalam kondisi aspal basah," bebernya.

Adapun posisi line up Ecopia EP300 berada di bawah Bridgestone Turanza sebagai ban dengan karakteristik touring. Ecopia EP300 tersedia dalam berbagai ukuran untuk mobil jenis MPV, Hatchback, city car, hingga mini SUV seperti Toyota Raize. Seri terbaru dari Ecopia ini dijual lebih mahal antara 3-5 persen dibanding Ecopia EP150 sebelumnya.